Menentukan Pemenang TTS


Mungkin banyak dari rekan-rekan penggemar TTS yang sudah mengirimkan jawaban TTS yang yakin jawabannya BENAR tetapi belum pernah mendapat hadiah.

Saya akan coba bahas sedikit bagaimana pemenang TTS itu ditentukan.

Berdasarkan buku TTS Pilihan Kompas Edisi pertama, Maret 2011, pemenang TTS ditentukan melalui undian.

Sekalipun jawaban yang sudah kita kirimkan sudah benar, belum tentu secara otomatis akan jadi pemenang, karena akan sangat banyak pemenang apabila ditentukan dari jawaban yang benar, sedangkan setiap edisinya sudah ditentukan jumlah pemenangnya, misalnya harian Kompas, jumlah pemenang dari setiap terbitannya adalah 25 orang.

Hadiah akan diberikan bagi mereka yang beruntung dalam undian.

Lantas pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana proses pengundiannya dilakukan?

Berikut adalah ungkapan Pak Sudarto J. Muhamad, pengasuh rubrik TTS Kompas sejak 2003

“Semua jawaban yang masuk ke meja pengasuh TTS dikelompokkan menurut kota pengirimnya. Tidak semua jawaban masuk ke meja pengasuh diperiksa kebenarannya. Setelah diundi, barulah diperiksa kebenaran jawaban yang dikirimkan. Jika terdapat jawaban yang salah (Maksimal 3 jawaban), pengasuh masih memberi toleransi untuk dijadikan pemenang.

Selanjutnya, pemenang dipilih menurut perbandingan jumlah pembaca dan penduduk di sebuah kota. Sebagai contoh, penduduk Aceh tentu tidak sebanyak penduduk Jakarta. Dengan demikian pemenang di daerah Aceh tentu tidak sama jumlahnya dengan di daerah Jakarta. “Istilahnya, sistem stratified random sampling, proporsinal sajalah”

Dan terakhir, meskipun melalui proses pengundian, asas pemerataan tetap diterapkan. Tidak mungkin pemenang TTS, hanya orang itu-itu saja. Seorang pengirim TTS tidak bisa menang secara berturut-turut dalam sebulan.

Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran bagi rekan-rekan untuk selalu mengisi TTS sekalipun belum mendapatkan hadiah.😀

9 responses

  1. seharusnya disortir dulu, jawaban yg ” benar semua” berhak diundi.. sepertinya kurang adil kalau jawaban ada yg salah bisa mendapat hadiah .

    1. Iya Mba Ita, seharusnya memang seperti itu, namun karena banyaknya pengirim sehingga formatnya ditentukan seperti itu, mungkin akan berbeda dengan surat kabar yang lain. Kebetulan saya dapat referensi tersebut dari buku TTS Kompas edisit pertama, terima kasih atas masukannya ya😀

  2. Saya punya kiat buat penggemar TTS di kota besar Jakarta, Surabaya, Bandung dst yang sering mengirim jawaban TTS namun belum pernah sekalipun menjadi pemenang TTS.
    Caranya dengan “meminjam nama dan alamat” dari keluarga/teman/kenalan yang kebetulan tinggal atau dinas di daerah berpenduduk sedikit seperti di Papua, NTT, Kalimantan, Sulawesi dst. Hal ini sudah sering saya coba dan banyak berhasilnya !
    Hadiah TTS bisa diberikan sebagai “gift” kepada pemilik alamat tersebut atau sharing sebagian ditransfer kembali kepada pengirim TTS.

    1. Masukan dari pak Dhanya sangat bagus sekali,rekan-rekan bisa mencobanya.. jadi bisa bagi2 hadiah

      1. bagaimana dg No rekening nya…apakah bisa menggunakan alamat org lain tapi nama/no Rekening nya punya kita…terima kasih…

  3. mr lamhot mohon info pemenang tts kompas untuk tanggal 11 agustus 2013 untuk wilayah jakarta…. trimakasih

    1. 1. LIE PING SEN (BATU TULIS JAKARTA 10120)
      2. ZAHRA ANISYAH AZIS (H GG SWADAYA JAKARTA 12830)
      3. FAHRI JAFAR (USAHA-CAWANG JAKARTA 13630)
      4. OLIVIA NIA WULANDARI (BENTENGAN-SUNTER JAYA JAKARTA 14350)

  4. Gan Hoo Ik, d/a. SMK Yayasan Pharmasi, Jl, Satrio Wibowo I Semarang | Reply

    Pak Lamhot yth., anak sy adalah salah satu pemenang TTS Kompas no. 1738 tgl 1 Des 2013, ttp
    hadiah tdk masuk ke rekeningnya melainkan dikirim lwt poswesel.

  5. terima kasih info cara pengundian tts kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s